27 Oktober 2009

Titik Lemah Tubuh Manusia Sebagai Target Serangan Dalam Beladiri Praktis


Sahabat JSD sekalian…,dalam teknik beladiri praktis, kita tidak boleh mengarahkan setiap serangan kita ke arah yang asal-asalan atau asal kena saja, akan tetapi harus kita arahkan ke titik-titik tertentu yang menjadi titik lemah manusia, sehingga serangan kita akan efektif walaupun dengan tenaga/power yang tidak begitu besar. Manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan berbagai macam kelemahan. Diantaranya adalah titik-titik lemah pada tubuh kita yang bisa kita jadikan sebagai target dalam kita memberikan perlawanan saat kejahatan menghampiri. Pengenalan dan pengetahuan tentang titik-titik ini menjadi begitu penting jikalau kita sama sekali tidak pernah belajar suatu jenis beladiri apapun, sehingga perlawanan yang kita berikan benar-benar efektif. Perlu diketahui juga bahwa titik-titik tersebut adalah bagian tubuh yang dalam ilmu bela diri apapun tidak ada cara untuk bisa menguatkannya. Titik-titik tersebut diantaranya adalah:

a. Kedua mata

Kedua mata merupakan titik yang sangat lemah, karena bisa membuat rasa sakit dan membutakan sipemiliknya apabila diserang. Jenis-jenis penyerangan terhadap mata adalah dengan mencolok mata dengan ketiga jari tengah kita dan melipat jari kelingking dan ibu jari kita, mencolok dilakukan dengan mengeraskan jari-jari kita. Kita juga bisa melakukannya dengan menggunakan alat bantu misalnya pasir, benda runcing (ranting kayu, pulpen, dll), dan air yang di semprotkan (spray, gas air mata, air cabe)

b. Hidung

Hidung merupakan titik yang sangat lemah, karena bisa membuat rasa sakit dan menimbulkan pendarahan apabila diserang. Jenis-jenis penyerangan terhadap hidung adalah dengan meninjunya dengan pangkal telapak tangan, juga bisa dengan menyundul dengan kepala atau siku atau lutut.

c. Pipi

Bagian ini bisa diserang dengan meninjunya atau menyerangnya dengan benda tajam

d. Rahang

Rahang juga merupakan salah satu titik lemah tubuh manusia. Kita bisa menyerang pada bagian ini dengan cara meninjunya atau memukul dengan benda yang keras.

e. Dagu

Cara menyerang pada bagian ini kurang lebih sama dengan penyeranganpada rahang.

f. Tenggorokan / buah jakun

Tenggorokan/ buah jakun merupakan titik yang sangat lemah, karena bisa membuat rasa sakit dan mematikan apabila diserang. Jenis-jenis penyerangan terhadap titik ini adalah meninjunya dengan posisi tangan setengah mengepal, juga bisa dengan menggunakan alat benda runcing (ranting kayu, pulpen, dll.)

g. Leher

Bagian leher yang bisa diserang adalah dua sisi samping leher. Cara kita menyerangnya adalah dengan menggunakan dua telapak tangan kita yang rapat jari-jarinya, kemudian dipukulkan ke leher seperti gerakan menebas dengan pedang.

h. Ulu hati

Ulu hati merupakan titik yang sangat lemah, karena bisa membuat rasa sakit dan sesak napas si pemiliknya apabila diserang. Jenis-jenis penyerangan terhadap mata adalah dengan meninjunya dengan posisi tangan setengah mengepal, juga bisa dengan menggunakan alat benda runcing (ranting kayu, pulpen, dll)

i. Kemaluan

Titik ini merupakan titik yang sangat lemah, karena bisa membuat rasa sakit dan mematikan pemiliknya apabila diserang. Jenis-jenis penyerangan terhadap titik ini adalah dengan menendangnya dengan kaki atau meninjunya.

j. Lutut

Titik ini adalah titik yang juga bisa memberikan rasa sakit yang maksimal jika diserang dengan cara menendang sekuat tenaga tepat di bagian tempurungnya.

k. Tulang kering

Cara menyerangnya sama dengan menyerang pada bagian lutut yaitu dengan menendangnya

l. Telapak kaki

Bagian ini bila diserang dengan cara menginjaknya juga bisa memberikan rasa sakit yang dapat memecah konsentrasi penyerang kita ataupun sejenak membuatnya kehilangan tenaga penuh saat mencengkeram bagian tubuh kita.

Nah..., sahabat JSD sekalian, dengan mengetahui titik lemah manusia tersebut, kita bisa menjadikan setiap aksi kita menjadi lebih cerdas dan efektif guna melindungi diri kita dari kejahatan yang mengancam kita. Oke..., tetap selalu waspada dan semangat berlatih ya...!!! Salam Ciaaaaaaat!!!

15 comments:

Anonim mengatakan...

hahaha... inggrit bgt... brapa kali ya aku denger inggrit ngasih materi ttg ini..
bagian yg paling kusuka kalo inggrit lg ngomongin ini adalah "senjata paling ampuh nomer satu di dunia adalah kata-kata"

-yulifia-

Anonim mengatakan...

teknik2 pelepasan bila d pegang biar bisa melepaskan diri..
belum tu..

salah satunya dengan memperhatikan posisi ibu jari si pemegang, lalu putar dan tarik untuk lepas..


sangat bermanfaat terutama bagi cew...

Anonim mengatakan...

cara melepaskan diri harusnya d muat..
salah satunya seperti di atas tadi..

orang awam biasanya takut untuk menyerang berkaitan dengan mental n nyali..
tp bagaimana seharusnya cara melepaskan diri itu lebih penting..thnks

blue29 jogja

adi boy mengatakan...

wah.. saya sangat tertarik dengan postingan anda.. tapi yang saya ingin tanyakan.. gimana cara2 melindungi titik terlemah manusia ini??

thanks..

Anonim mengatakan...

kalo yg saya tau hampir tiap jengkal di tubuh manusia itu terdapat kelemahan..
dari mulai pelipis,kepala bagian belakang, mata,parit bibir,bagian leher,daerah ketiak,ulu hati,tulang rusuk, kemaluan, lutut, dll
untuk menjaganya sih cukup latih saja bagian2 tersebut agar kuat..

Anonim mengatakan...

kalau d bagian belakang tubuh manusia,titik lamahnya di mana????????

Anonim mengatakan...

klo battle, mau yg paling ampuh, loncat dan tendang sekuat tenaga bagian muka. klo dia lengah hantam terus jgn brhenti. beda klo dikroyok lngsung colok mata sekuat tenaga. tips latihlah tendangan kaki anda meski cepet menguras tanaga, dijamin matek entu org. masalah mental cobalah teriak-teriak depan muka lawan. pasti mentalnya citu. PENGALAMAN

Anonim mengatakan...

satu lagi bro!!!!
kadang org sblum battle psti perang mulut terlebih dulu.
itulah kesempatan biar si lawan ngerti kita tipe orang yang gak banyak omong. langsung Bogem tiba-tiba dan sekuat tenaga. untuk sejenak tanamkan mental pembunuh dlam diri dan tidak takut dengan si lawan. pasti ampuh "PENGALAMAN"

Tips klo dia pgang senjata tajam brusahala lindungi diri, lari pun cara yang terbaik. keselamatan harus tetap diutamakan.

zakifak4.blogspot.com mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

oh gt ya..jadi tertarik ni belajar...

Anonim mengatakan...

1. Serangan ke Pipi & hidung tidak mematikan.
2. Ulu hati & tulang kering bisa dilatih sehingga tahan trhadap pukulan & tendangan.
2. Telapak kaki? Sama skali tdk mematikan.

Anonim mengatakan...

Kalo saya lebih memilih diserang lawan lbih dlu dari pada nyerang dluan. Knapa?
1. Kalo masalah prkelahian ini sampe ke polisi, saya punya alibi menyerang dalam rangka membela diri.
2. Ketika lawan melakukan serangan, pertahanannya rapuh. Ketika prtahan lawan rapuh, maka sangat mudah untk kita menyerang.
3. Tanamkan dlm diri anda utk tidak mencari masalah dgn menyerang lawan dluan. Mungkin pengalaman yg anda critakan adalah pengalaman anda melawan orang yg tidak mempunyai kemampuan beladiri.

Anonim mengatakan...

Kalo saya lebih memilih diserang lawan lbih dlu dari pada nyerang dluan. Knapa?
1. Kalo masalah prkelahian ini sampe ke polisi, saya punya alibi menyerang dalam rangka membela diri.
2. Ketika lawan melakukan serangan, pertahanannya rapuh. Ketika prtahan lawan rapuh, maka sangat mudah untk kita menyerang.
3. Tanamkan dlm diri anda utk tidak mencari masalah dgn menyerang lawan dluan. Mungkin pengalaman yg anda critakan adalah pengalaman anda melawan orang yg tidak mempunyai kemampuan beladiri.

Anonim mengatakan...

Titik lemahnya di tulang belakang. Kalo patah, bisa menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian.

Unknown mengatakan...

Maaf nih gan sebelumnya , saya tau nih tempat yang bagus untuk berlatih seperti: muay thai, boxing, judo , kick boxing, yoga self-defense, Brazilian-jiujitsu.
Kalau gak slah ada di jln.kelapa gading. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan kunjungi http://www.maximum-mma.com/

Template by:
Free Blog Templates